7 Dasar-dasar Bisnis Musik yang Harus Anda Ketahui

Ada beberapa industri yang terfragmentasi dan sulit didefinisikan sebagai industri musik.

bisnis musik

Mulai dari musisi independen dan studio rekaman hingga label besar dan tempat musik ternama, ada puluhan bahkan ratusan elemen yang membentuk industri ini secara keseluruhan – dan mereka tidak selalu terhubung atau terintegrasi dengan cara apa pun.

Tetapi jika Anda memiliki gairah untuk musik, dan Anda bertekad untuk membangun bisnis musik Anda sendiri atau menjadi bagian dari industri pada tingkat tertentu, berikut adalah tujuh hal yang harus Anda ketahui tentang keadaan bisnis musik.

 

  1. Kebanyakan musisi adalah pengadopsi awal teknologi baru. Entah itu platform media sosial atau crowdfunding terbaru, musisi sering kali menjadi yang pertama mengambil alat baru untuk test drive, dan beberapa menemukan kesuksesan dengan cara ini. Misalnya, musisi independen Daria Musk menemukan daya tarik di Google Hangouts.
  2. Terkadang, tidak ada rima atau alasan untuk sukses. Ini terutama benar dengan sesuatu yang pribadi dan subyektif sebagai musik.
  3. Teknologi mengubah cara kerja studio. LANDR adalah alat online yang secara otomatis menguasai rekaman musik – dan kabarnya, hasil yang sudah selesai cukup bagus. Perkembangan teknologi yang sedang berlangsung terus mengurangi kebutuhan untuk studio rekaman anggaran besar tradisional, dan proses produksi semakin otomatis. Peralatan rekaman rumah juga terjangkau dan berkualitas tinggi.
  4. Blockchain mungkin adalah masa depan industri. Teknologi yang mendasari cryptocurrency populer, seperti bitcoin, dikenal sebagai blockchain, dan mungkin menawarkan cara bagi lebih banyak bisnis musik dan musisi untuk memonetisasi pekerjaan mereka tanpa pihak ketiga mengambil sepotong kue yang lebih besar. Tetapi struktur industri saat ini mencegah hal ini bergerak maju.
  5. Ini satu-satunya industri dengan Payola. Adalah ilegal bagi stasiun radio untuk memutar musik di udara dengan imbalan uang kecuali mereka mengungkapkannya sebagai “airtime yang disponsori.” Sayangnya, korupsi terus berlanjut, dan gelombang udara utama didominasi oleh musik top 40, yang mewakili minoritas yang sangat populer. Jika Anda berpikir Monyet Arktik “independen”, Anda bahkan tidak menggores permukaan mayoritas independen.
  6. Streaming musik adalah pasar pertumbuhan. Dan kita akan terus melihat inovasi dan perkembangan baru di bidang ini. Mungkin ada puluhan situs streaming sekarang, tetapi jumlah itu kemungkinan akan meningkat hingga ratusan, dan bahkan mungkin ribuan.
  7. Manusia mungkin tidak memiliki kreativitas terpojok. Ternyata, mesin mampu menghasilkan musik yang indah dan emosional, sesuatu yang lama dianggap mustahil. Apakah ini akan mengubah cara musik dibuat? Apakah itu akan membuat musisi usang? Sulit mengatakannya.

 

Mencari lebih banyak konten hebat seperti ini? David Andrew Wiebe adalah penulis The New Music Industry: Adapting, Growing, dan Thriving in The Information Age, sebuah buku yang mencakup seluk-beluk keadaan industri musik saat ini, dan menawarkan rencana pemasaran yang komprehensif untuk musisi mana pun atau pemilik bisnis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *