Lakukan Evaluasi Sebelum Memulai Bisnis

Orang-orang sering menanyakan kepada kami daftar langkah-langkah yang dapat mereka gunakan untuk memulai bisnis mereka sendiri. Dari jenis bisnis hingga model bisnis ke lokasi fisik, ada banyak sekali variabel!

Namun, ada hal-hal yang perlu dilakukan setiap bisnis untuk keluar dari kebiasaan. Jadi, berikut adalah delapan langkah utama yang perlu Anda ambil untuk memulai bisnis Anda sendiri. Ingat saja, jadilah fleksibel. Setiap bisnis itu unik dan Anda mungkin perlu menyempurnakan daftar ini saat Anda mulai menjalankannya.

Lakukan evaluasi mandiri

Mulailah dengan pertanyaan berikut ini. Mengapa Anda ingin memulai bisnis? Apakah uang, kebebasan dan fleksibilitas, untuk memecahkan masalah, atau alasan lain? Apa kemampuanmu? Industri apa yang Anda ketahui? Apakah Anda ingin memberikan layanan atau produk? Apa yang Anda suka kerjakan? Berapa banyak modal yang Anda miliki untuk mengambil risiko? Apakah itu menjadi usaha penuh waktu atau paruh waktu?

Jawaban Anda untuk jenis pertanyaan ini akan membantu Anda mempersempit fokus Anda.

Langkah ini tidak seharusnya menghalangi Anda untuk memulai bisnis Anda sendiri. Sebaliknya, ini untuk membuat Anda berpikir dan merencanakan. Untuk memulai bisnis yang sukses, semangat saja tidak cukup.

Anda perlu merencanakan, menetapkan tujuan, dan yang terpenting, kenali diri Anda. Apa kekuatanmu? apa kelemahanmu? Bagaimana ini akan mempengaruhi operasi sehari-hari? Anda bisa melakukan analisis SWOT pada diri sendiri untuk mengetahui hal ini.

Ketika Anda memulai, bisnis Anda kemungkinan akan mendominasi hidup Anda jadi pastikan bahwa apa yang Anda lakukan merangsang dan menantang, tetapi tidak sepenuhnya di luar keahlian Anda. Anda akan berada di dalamnya untuk jangka panjang. Gunakan apa yang Anda pelajari dari analisis SWOT untuk memikirkan apa yang Anda inginkan dari hidup Anda, bukan hanya apa yang Anda inginkan dari bisnis Anda.

Analisis industri Anda

Setelah Anda memutuskan bisnis yang sesuai dengan tujuan dan gaya hidup Anda, evaluasi ide Anda. Siapa yang akan membeli produk atau layanan Anda? Siapa yang akan menjadi pesaing Anda? Pada tahap ini, Anda juga perlu mencari tahu berapa banyak uang yang Anda perlukan untuk memulai.

“Evaluasi pribadi” Anda sama besarnya dengan kenyataan sebagai dorongan untuk membuat Anda berpikir. Hal yang sama berlaku ketika meneliti bisnis Anda dan industri yang ingin Anda masuki.

Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan, termasuk melakukan pencarian Google umum, berbicara kepada orang-orang yang sudah bekerja di industri target Anda, membaca buku oleh orang-orang dari industri Anda, meneliti orang-orang penting, membaca situs berita yang relevan dan majalah industri dan mengambil kelas atau dua (jika ini mungkin).

Jika Anda tidak punya waktu untuk melakukan penelitian atau menginginkan pendapat kedua, ada orang-orang yang dapat Anda datangi untuk meminta bantuan, seperti departemen pemerintah dan SBDC lokal Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *