Pemeliharaan Mesin Genset Agar Awet dan Tidak Mudah Rusak

Pemeliharaan Mesin Genset – Seiring berjalannya waktu, listrik tidak dapat dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. Listrik juga telah memegang peranan penting dalam menjalankan berbagai aktivitas. Oleh karena itu, pemadaman listrik terkadang menimbulkan masalah besar. Apalagi jika sedang diadakan acara tertentu, sangat penting untuk memiliki cadangan pasokan listrik agar tidak timbul masalah jika terjadi pemadaman dari PLN.

Pemeliharaan Mesin Genset

Genset merupakan solusi untuk tetap menjaga pasokan listrik bahkan ketika terjadi pemadaman. Memiliki peran yang sangat penting, tidak heran alat yang satu ini menjadi perlengkapan wajib untuk menjamin kelancaran suatu acara. Banyak toko jual mesin genset yang menawarkan genset berbagai tipe. Meskipun demikian, harga genset yang cukup mahal membuat tidak semua orang bisa membeli alat ini.

Mengingat harganya yang relatif mahal, Anda yang telah memiliki genset wajib untuk memperhatikan perawatan terhadap generator set ini secara keseluruhan, baik dari mesin hingga kabel bawaan. Meskipun banyak toko jual mesin genset, namun harga yang dibanderol juga terbilang mahal. Dengan memberikan perawatan pada genset, setidaknya Anda bisa meminimalisir kerusakan serta memperpanjang masa pakai.

Cara Merawat Genset Bermesin Diesel

Perawatan genset tidak hanya sebatas membersihkan dari kotoran maupun mengisi dengan bahan bakar yang sesuai. Lebih dari itu, mesin genset membutuhkan perhatian ekstra agar tetap dapat bekerja secara maksimal. Dengan demikian, Anda tidak perlu mengunjungi toko jual mesin genset untuk mengganti mesin genset lama dengan yang baru. Berikut cara perawatan yang perlu Anda tahu:

  1. Lakukan tes mesin

Dikarenakan beban kerja untuk menghasilkan listrik, mesin diesel genset terkadang bekerja dalam tekanan yang cukup kuat. Membiarkan hal ini tentu saja dapat menimbulkan dampak buruk bagi performa serta ketahanan mesin. Oleh karena itu, Anda perlu melakukan tes secara rutin demi menjaga kinerja mesin diesel.

Tujuan lain dari pengetesan tersebut adalah untuk memastikan bahwa mesin generator dapat bekerja dengan baik. Hal ini sangat bermanfaat apabila Anda akan menggunakan genset dalam waktu dekat. Selain itu, disarankan untuk melumasi mesin yang bermanfaat untuk mencegah oksidasi.

  1. Pembersihan filter

Jika genset sedang tidak digunakan, ada baiknya untuk mengeringkan filter bahan bakar. Hal ini bertujuan untuk menghindari debu serta uap air yang mungkin berada di saluran bahan bakar. Pembersihan ini dapat dilakukan setiap setengah hingga satu tahun sekali. Pembersihan juga bertujuan untuk menghindari kontaminasi terhadap bahan bakar.

  1. Pendinginan mesin

Bekerja dalam waktu yang cukup lama mungkin membuat mesin diesel dalam kondisi yang panas. Membiarkan mesin dalam kondisi panas tentunya membuat mesin cepat rusak. Anda harus memastikan sistem pendingin selalu dalam keadaan yang baik. Setelah mesin dimatikan, ada baiknya untuk membiarkan tutup radiator terbuka. Hal ini bertujuan untuk mendinginkan mesin dengan lebih cepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *