Pengertian, Fungsi, dan Tujuan Bisnis

Pengertian Bisnis

Dalam ekonomi, suatu perusahaan adalah organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau perusahaan lain untuk mendapatkan keuntungan. Secara historis, kata bisnis dari bisnis bahasa Inggris, dari tekanan kata dasar yang berarti ‘tekanan’ dalam konteks individu, komunitas atau masyarakat. Dalam arti itu, sibuk dengan kegiatan dan pekerjaan yang menawarkan manfaat.

Dalam ekonomi kapitalis, di mana sebagian besar perusahaan dimiliki secara pribadi, perusahaan dibentuk untuk menghasilkan laba dan meningkatkan kemakmuran pemiliknya. Pemilik dan operator perusahaan menerima hadiah berdasarkan waktu, usaha atau modal yang mereka tawarkan. Tetapi tidak semua perusahaan berusaha mencari keuntungan, seperti kegiatan kerja sama yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan semua anggota atau lembaga pemerintah yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat. Model bisnis ini berbeda dengan sistem sosialis, di mana perusahaan besar sebagian besar dimiliki oleh pemerintah, masyarakat umum atau serikat pekerja.

Secara etimologis, perdagangan berarti situasi di mana seseorang atau sekelompok orang terlibat dalam pekerjaan yang menguntungkan. “Bisnis” kata itu sendiri memiliki tiga penggunaan, tergantung pada lingkup – bisa merujuk penggunaan unik dari bisnis kata dalam badan usaha, badan hukum (teknis), teknis dan ekonomi yang bertujuan mencari keuntungan atau laba. Penggunaan yang lebih luas dapat mengacu pada sektor pasar tertentu, seperti ‘bisnis televisi’. Penggunaan paling luas mengacu pada semua aktivitas yang dilakukan oleh komunitas penyedia barang dan jasa. Tetapi definisi yang tepat dari “bisnis” masih menjadi bahan perdebatan sampai hari ini.

Fungsi Bisnis

Fungsi suatu perusahaan adalah menciptakan nilai (usability) suatu produk yang semula kurang bernilai, setelah dimodifikasi atau diolah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat / konsumen. Kegunaan nilai (value utility) yang diciptakan oleh aktivitas bisnis untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dirangkum dalam fungsi utama bisnis.

Fungsi utama bisnis adalah menciptakan nilai suatu produk atau jasa dengan cara :

-Mengubah bentuknya (form utility), yang tidak lain dari fungsi produksi

-Memindahkan tempat produk itu (place utility), atau fungsi distribusi

-Mengubah kepemilikan (possessive utility), yaitu fungsi penjualan

-Menunda waktu kegunaan (time utility), atau fungsi pemasaran

Tujuan Bisnis

Tujuan melakukan bisnis tidak lain adalah menjadi menguntungkan, karena setiap orang yang memulai bisnis dimulai dengan pikiran dan keinginannya untuk menghasilkan laba, sehingga inisiatif datang untuk menjalankan bisnis dari keinginan mereka.

Meskipun tujuan utama mereka adalah menghasilkan laba, tetapi itu tidak berarti bahwa mereka tidak memiliki tujuan lain selain itu, masih banyak tujuan yang ingin dicapai oleh orang-orang bisnis dan tujuan dapat bervariasi antara yang satu dan yang lain. Tujuan lain yang ingin dicapai oleh pelaku bisnis itu diantaranya :

  • Ingin mencukupi berbagai kebutuhannya
  • Untuk memakmurkan keluarga
  • Ingin namanya dikenal banyak orang
  • Karena ingin menjadi penerus usaha keluarga
  • Ingin mencoba hal baru
  • Ingin memanfaatkan waktu luang
  • Ingin mempunyai usaha sendiri dan tidak bekerja pada orang lain.
  • Ingin mendapat simpati. Dsb.

Itulah artikel tentang Pengertian, Fungsi, dan Tujuan Bisnis yang bisa kami sampaikan dalam kesempatan kali ini, Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *